Minggu, 25 Januari 2015

Legenda Wisata Alam Goa Pindul

Goa Pindul - Indonesia adalah negeri yang diberkahi pesona alam luar biasa. Banyak goa indah yang masih alami, seperti goa pindul yang mampu memberikan keindahan luar biasa yang tidak dijumpai goa-goa lainnya di Indonesia. 

Goa Pindul, Suasana saat cave tubing di Goa Pindul.
Pamor goa yang terletak di Gunung Kidul ini mulai naik sejak dibuka pada tahun 2010. Bentuk goa yang indah dan juga bebatuan seperti stalakmit dan stalaktit yang menjuntai-juntai ke bawah dari atas mulut goa, membuat goa ini sangat disukai pengunjung. Bahkan aliran bawah tanah yang dimiliki goa pindul menjadi salah satu wisata yang mengasyikkan untuk dinikmati.

Legenda Yang Melekat Goa Pindul

Banyak tempat wisata di Indonesia yang selalu dilekatkan dengan legenda rakyat. Tidak terkecuali goa pindul ini. Menurut legenda yang dikisahkan dari masyarakat setempat, goa pindul ini berasal dari sejarah perjalanan Joko Singlulung. Dia melakukan perjalanan panjang menembus hutan belantara, sungai dan juga goa untuk menemukan Ayahnya. Ketika Joko sampai pada 7 goa yang memiliki aliran sungai di dalamnya, Joko menyusurinya. Saat sedang menyusuri aliran sungai dalam goa itulah kepala Joko terbentur batu besar yang berada dalam goa yang dilaluinya. 

Goa dimana tempat batu yang membentur kepala Joko tersebut bersarang dinamakan goa pindul. Dalam bahasa Jawa, goa pindul sama maknanya dengan kata pipi gebendul yang memiliki arti pipi yang terbentur.

Wisata Goa Pindul

Bagi masyarakat Yogyakarta terutama masyarakat Gunung Kidul, goa pindul adalah wisata yang sudah tidak asing lagi. Goa pindul terletak di desa Bejiharjo kecamatan Gunung Kidul. Dari arah Yogyakarta, goa pindul dapat ditempuh melalui jalanan Wonosari. Jauh ke utara Wonosari sepanjang 7 kilometer, goa pindul berada. Bagi yang menyukai tantangan perjalanan 7 kilometer ini bukanlah apa-apa jika dibandingkan dengan keindahan yang disuguhkan goa pindul. 

Bahkan karena keindahan khasnya berupa stalakmit dan stalaktit serta aliran sungai bawah tanah, goa pindul menciptakan wisata baru yakni cave tubing.
Panjang goa pindul yang mencapai 350 meter membuat pengunjung kesulitan untuk menjelajahi keseluruhan goa pindul. Sehingga diciptakan wisata cave tubing untuk menjelajahi kedalaman dan keindahan goa pindul dari mulai mulut goa hingga menuju akhir goa. Pengunjung akan disediakan pelampung besar yang hanya cukup untuk satu orang dan bersiap menyusuri keindahan goa pindul sampai dalam. 

Goa pindul layak Anda jadikan tujuan liburan Anda yang aman dan menyenangkan bersama keluarga tercinta dan orang-orang terkasih Anda.

0 komentar:

Posting Komentar