Jumat, 17 Maret 2017

Wisata Goa Pindul dan Ragam Wisata Pelengkap di Gunung Kidul

Liburan di akhir pekan ini, kamu masih bingung mau ke mana? Yuk, kembali menyatu dengan alam! Wisata Goa Pindul adalah salah satu objek wisata yang wajib kamu masukkan ke dalam daftar rencana perjalananmu. Kenapa? Karena berwisata di Goa Pindul akan menjadikan liburanmu tak terlupakan.
Lalu, apa saja objek wisata yang bisa kamu nikmati di Goa Pindul? Sangat banyak! Ini dia beberapa objek wisata Goa Pindul yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak!
  1. Rafting Oya
Rafting Oya - travel.detik.com

Ingin mencoba kegiatan susur kali bawah tanah? Di sini tempatnya. Kamu akan mendapatkan petualangan dengan sensasi yang memacu adrenalin. Kali Oya yang berada di dalam Goa Pindul menyuguhkan tiga suasana berbeda sepanjang penyusuran. Mulai dari terang, remang-remang, hingga gelap pekat.
Kegiatan rafting atau susur kali ini menggunakan ban karet sebagai kendaraan. Ada dua jalur dengan dua pintu keluar berbeda yang bisa kamu pilih. Terdapat jalur pendek dan panjang. Harganya pun berbeda. Kamu bisa mengeceknya langsung di sini.
  1. Caving Goa Gelatik
Goa Gelatik- indonesia-tourism.com
Tidak jauh dari Goa Pindul, Goa Gelatik yang panjangnya sekitar 400 meter ini memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dengan Goa Pindul yang hanya bisa dijelajahi menggunakan ban karet, Goa Gelatik bisa kamu telusuri dengan lebih leluasa karena tidak terdapat kali di sini.
Tapi, jangan khawatir. Penyedia layanan wisata akan menyiapkan pemandu yang akan menemani perjalananmu. Selain itu, kamu akan difasilitasi dengan helm dan sepatu demi menjaga keamanan dan keselamatan selama menyusuri gua.
  1. Rafting Goa Tanding
Goa Tanding- goatanding.info

Objek wisata baru bernama Goa Tanding ini semakin menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Letaknya pun sangat dekat dengan Goa Pindul. Seperti halnya Goa Pindul, di Goa Tanding ini terdapat kali yang sangat menantang untuk disusuri.
Namun, berbeda dengan Goa Pindul, kegiatan rafting di Goa Tanding menggunakan kendaraan perahu karet. Jika di Goa Pindul terdapat dua pintu keluar, di sini hanya terdapat satu. Ada juga gerbang masuk yang sering digunakan sebagai tempat selfie.
  1. Situs Purba Sokoliman
Purba Sokoliman - yogyakarta.panduanwisata.id
Selain menikmati wisata alam, kamu juga bisa menambah pengetahuan dengan melakukan wisata sejarah. Masih di kawasan desa yang sama dengan Goa Pindul terdapat situs purbakala bernama Sokoliman ini. Di sini, artefak-artefak kuno dari era Megalitikum atau zaman batu tua bisa kamu lihat secara langsung.
Di kawasan ini, kamu bisa menyaksikan peninggalan zaman purbakala berupa ratusan menhir, kubur batu, dan punden. Menariknya lagi, kawasan ini bersebelahan dengan hutan kayu putih milik Perhutani. Jadi, pemandangan di sekitar pun hijau dan asri.
  1. Monumen Jenderal Sudirman
 Monumen Jendral Sudirman - flickr.com
Wisata sejarah yang satu ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Terletak di desa Bejiharjo dan tak jauh dari objek wisata Goa Pindul, monumen Jenderal Sudirman berdiri tegak di sebuah bukit.
Untuk sampai di monumen ini, kamu harus menapaki sekitar 190 anak tangga. Ketika sampai di bukit, indahnya pemandangan di bawah akan memanjakan mata. Selain pemandangan, kamu pun mendapatkan pengetahuan sejarah yang bisa kamu baca langsung di dinding monumen ketika berkunjung ke tempat ini.
Objek wisata Goa Pindul sangat beragam, kan? Jangan ragu-ragu untuk menghabiskan waktu liburmu di sini.
Sumber referensi :



0 komentar:

Posting Komentar