Kamis, 16 Maret 2017

Wisata Legenda di Goa Pindul

Menikmati saat libur bersama keluarga, tidak harus dengan menghabiskan waktu di rumah atau sekedar jalan-jalan keliling mal. Kegiatan wisata alam juga bisa menjadi pilihan untuk melakukan relaksasi dan menambah keakraban antar anggota keluarga. Menyatu dengan alam semestinya menjadi salah satu kebutuhan kita demi melepas penat setelah banyak menghabiskan waktu dengan bekerja dan menyelesaikan berbagai persoalan hidup sehari-hari.
Berwisata di Gunungkidul, Yogyakarta tidak hanya akan membuatmu merasa menyatu dengan alam, tetapi juga memberimu pengetahuan tentang kisah legenda Goa Pindul, yang konon pernah hadir di sana.
Gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki kisah legenda yang sangat unik. Berikut beberapa kisah menurut penuturan warga lokal:
  • Kisah Ki Joko Singlulung

Image result for Kisah Ki Joko Singlulung


Ini merupakan kisah yang menjadi asal mula penamaan Goa Pindul. Cerita tentang seorang anak bernama Joko Singlulung yang kala itu sedang mencari ayahnya dengan menyusuri sungai, hutan, hingga menemukan gua. Ketika tiba di gua, pipi Ki Joko tidak sengaja terbentur di dinding gua dan mengakibatkan pembengkakan. Akhirnya, masyarakat setempat menamai gua tersebut Pindul, yang berasal dari bahasa Jawa, yaitu pipi gebendul. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, gebendul berarti bengkak karena terbentur.
  • Mitos Stalaktit Puting

Di bagian tengah gua, kamu akan mendapati sebuah stalaktit yang terus-menerus meneteskan air. Stalaktit ini diberi nama Stalaktit Puting. Konon, jika wajah kaum hawa tidak sengaja terkena tetesan air dari stalaktit ini, maka wajahnya akan awet muda dan bersinar.
  • Mitos Stalagmit Jantan


Di dalam gua ini juga terdapat sebuah stalagmit yang menjulang dari dasar gua, bernama Stalagmit Jantan. Konon, jika seorang pria menyentuh stalagmit tersebut, dia akan menjadi lebih perkasa.
Itulah beberapa mitos dan legenda Goa Pindul yang sering dituturkan warga setempat sebagai sejarah dan identitas lokal mereka.
Berwisata di Gunungkidul, Yogyakarta tidak hanya akan membuatmu merasa menyatu dengan alam, tetapi juga memberimu pengetahuan tentang kisah legenda Goa Pindul, yang konon pernah hadir di sana.
Jika kamu ingin berwisata ke Goa Pindul, Pusat Layanan Cave Tubing Goa Pindul memberikan penawaran beragam paket wisata dengan harga yang sangat bersahabat. Berikut daftar harganya
  • Tarif Goa Pindul: Rp35.000
  • Rafting Oya Track Pendek: Rp45.000
  • Goa Baru: Rp30.000

Selain harga paket wisata, terdapat juga daftar harga makanan dalam berbagai paket, harga homestay, paket outbound, dan berbagai layanan wisata lainnya di Goa Pindul yang bisa kamu cek di sini.
Segala layanan wisata di Goa Pindul, tersedia secara lengkap di Pusat Layanan Cave Tubing Goa Pindul. Termasuk layanan resmi pemesanan tiket masuk Goa Pindul. Jadi, kamu sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pemesanan berbagai fasilitas wisata secara terpisah di beberapa penyedia layanan. Semua fasilitas telah lengkap di sini

0 komentar:

Posting Komentar